Spesifikasi Samsung Galaxy M52 5G yang Harus Diketahui Para Konsumen


Tunggu OM masih loading
DOWNLOAD
Spesifikasi Samsung Galaxy M52 5G yang Harus Diketahui Para Konsumen

Samsung Galaxy dengan series M kini hadir untuk memanjakan para pecinta gadget. Setelah mengeluarkan beberapa series M, Samsung kini hadir dengan versi yang terbaru lagi yaitu Samsung Galaxy M52 5G. Nah apa saja yang bisa diharapkan dari series terbaru ini? Dan apakah memiliki baterai monster juga?

Samsung Galaxy M52 5G baru saja dirilis oleh Samsung pada September 2021. HP yang dijual dengan kisaran harga Rp 5.400.000 ini tentunya memiliki spesifikasi yang lengkap mulai dari kamera dengan konfigurasi tinggi, baterai besar hingga prosesor yang cukup tangguh. Nah bagi yang penasaran dengan spesifikasinya, berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari ponsel ini:

1. Desain & Body yang Slim

Salah satu hal yang membuat Samsung Galaxy M52 5G langsung menarik di mata para konsumen adalah desain dan badannya yang slim. Ketebalan dari bodi M52 5G hanya 7,4 mm. Jika dibandingkan dengan pendahulunya, Galaxy M51, tentunya desain ini jauh lebih tipis dan ringan. Dengan desain yang baru ini, tentunya ponsel ini mudah dimasukkan ke kantong celana dengan cepat dan mudah.

Untuk beratnya, HP ini hanya memiliki berat 173-gram saja. Ini bukan hanya HP teringan yang pernah Samsung keluarkan, namun ini merupakan HP paling ringan yang ada di industri smartphone saat ini. Dengan beratnya yang sangat ringan, maka hati-hati dalam menggunakannya agar tidak sampai mudah jatuh.

Selain itu, material yang digunakan untuk membuat ponsel ini adalah plastik polikarbonat. Bahan ini tidak hanya membuat bodi ponsel terlihat semakin mewah namun juga membuatnya tangguh meskipun terjatuh ke lantai.

2. Layar AMOLED & Berukuran Besar

Jika Samsung kelas menengah rata-rata hanya menggunakan layar AMOLED, maka berbeda dengan Galaxy M52 5G. Pada edisi kali ini Samsung meningkatkan layarnya dengan menggunakan layar Super AMOLED plus. Nah apa saja perbedaan yang plus dengan yang biasa?

Untuk layar yang plus, layarnya tentu lebih tipis dibandingkan dengan yang biasa. Hal inilah yang mendukung desain M52 5G menjadi lebih tipis dari seri yang sebelumnya. Selain itu, layar dari AMOLED yang plus lebih besar yaitu 6.7 inchi. Hal ini membuat penampilan di ponsel lebih besar dan melegakan. Bahkan resolusi layar mencapai 1080 x 2400 piksel yang membuat tampilan gambarnya menjadi lebih jernih.

3. Snapdragon Qualcomm 778G

Untuk kinerjanya, pengguna tidak perlu lagi dengan prosesor maupun chipset yang digunakan. Dalam seri kali ini, Samsung menggunakan Snapdragon Qualcomm 778G, yang merupakan chipset terbaik dan banyak digunakan dalam ponsel kelas atas. 

Di dalamnya, terdapat 1-unit Kryo 670 prime yang mampu menjaga agar ponsel tetap hemat daya. Sedangkan ada juga 4 unit Kryo 670 silver yang mampu mendukung kinerja ponsel agar tetap tangguh dan tidak lemot.

Untuk RAM-nya sendiri, ponsel ini menggunakan RAM dengan kapasitas 8GB. Dengan kapasitas sebesar ini, pengguna tidak perlu khawatir mengenai kecepatan ponsel dalam menjalankan beberapa aplikasi sekaligus. Bahkan, bagi para pecinta game, HP ini bisa mendukung tampilan grafis yang tinggi serta tidak membuat ponsel overheating.

4. Baterai Ponsel yang Tahan Lama

Berbeda dengan sebelumnya, Samsung Galaxy M52 5G tidak memiliki baterai sekuat versi sebelumnya. Dalam versi ini, baterai yang digunakan hanya 5000 mAH saja namun desain yang lebih slim dan ringan. Meskipun begitu, para konsumen tidak perlu khawatir karena meskipun daya tahannya lebih kecil namun baterai ponsel ini masih bisa bertahan hingga 12 jam atau setengah hari. Bahkan, jika digunakan untuk kegiatan yang lebih ringan, baterainya mampu bertahan hingga 1 hari penuh.

5. Kamera Dengan Resolusi yang Tinggi

Sama halnya dengan ponsel Samsung yang lain, M52 5G juga hadir dengan kamera yang handal dan beresolusi tinggi. Ponsel keluaran terbaru dari Samsung ini memiliki triple camera dengan lensa utama 64 MP dan focal length 26 mm. 

Sedangkan bagian lensa kedua, resolusinya mencapai 12 MP yang dapat mengambil gambar hingga sudut keluasan hingga 123 derajat. Dengan kamera ini, pengguna bisa memotret banyak objek sekaligus tanpa harus menggunakan kamera panorama.

Terakhir ada kamera 5 MP, yang bisa memperbesar objek jarak jauh, namun dengan kualitas yang bagus. Sedangkan untuk perekaman videonya, kamera ini mampu menghasilkan video dengan resolusi 4K dengan rate 30 FPS. Salah satu kekurangan dari M52 5G adalah tidak adanya fitur atau kamera yang mampu memberikan efek bokeh.

6. Menggunakan Mono Speaker

Speaker yang digunakan dalam Samsung M52 5G hanyalah mono speaker. Kualitas dari suaranya sebenarnya tidak buruk, namun jika dibandingkan para pesaingnya, speaker ini tentunya kalah berkualitas. Hal ini membuat proses menonton film di ponsel jadi kurang menyenangkan dan seru.

Kekurangan lain dari ponsel Samsung ini adalah hilangnya audio jack. Jadi, jika pengguna ingin menggunakan headset lain atau mencolokkan speaker eksternal, maka pengguna harus menggunakan fitur koneksi lainnya, Hal ini akan membuat pemakaian baterai yang lebih banyak dan mudah habis.

7. Memori Internal 128 GB

Meskipun menggunakan RAM yang cukup besar, sayangnya Samsung Galaxy M52 5G hanya memiliki memori internal 128 GB. Padahal pesaingnya atau ponsel dengan harga serupa memiliki kapasitas hingga 256 GB. Dengan memori yang kecil ini, maka pengguna tidak bisa menyimpan terlalu banyak foto maupun video di dalamnya. Untungnya pengguna masih bisa menambahkan microSD hingga 1 TB untuk menambah memori internal ponsel.

8. Fitur Fast Charging

Sebagai salah satu ponsel dengan baterai dengan kapasitas monster, tentunya ponsel ini membutuhkan fitur fast charging. Samsung Galaxy M52 5G memang memiliki fast charging, sayangnya hanya dengan daya 25 W. Dengan daya sebesar ini, maka baterai ponsel dapat terisi penuh dalam waktu 1 jam 20 menit. Sedangkan untuk mengisinya hingga 45%, maka membutuhkan waktu 20-30 menit.

Jika dibandingkan para pesaingnya, fitur ini tentunya lebih rendah atau lemah. Padahal para pesaingnya yang dijual dengan harga atau spesifikasi yang sama, memiliki daya hingga 65 W. Dengan daya yang lebih tinggi ini, kemampuan fast charging baterai bisa lebih cepat hingga 15 menit dibandingkan dengan milik Samsung MG 5G.

9. Jaringan 5G

Samsung Galaxy M52 5G merupakan salah satu ponsel di Indonesia yang sudah mendukung jaringan 5G. Saat ini belum banyak ponsel yang sudah mendukung jaringan 5G, namun M52 5G merupakan salah satunya. Nah bagi yang ingin mencoba kekuatan jaringan ini, maka ponsel ini sangat cocok untuk dipertimbangkan. Namun sebelum memutuskan membeli ponsel ini karena jaringannya, pastikan operator kartu yang digunakan juga sudah mendukung jaringan 5G.

Jadi itulah sekilas informasi mengenai spesifikasi, baik kelebihan dan kekurangan dari Samsung Galaxy M52 5G. Meskipun memiliki beberapa kekurangan dibandingkan para pesaingnya, ponsel ini masih layak dibeli terutama dengan harganya yang cukup ramah di kantong. Selain mendapatkan prosesor yang kuat, para pengguna juga bisa mendapatkan kamera yang bagus serta ponsel dengan desain yang mewah.