Apakah Samsung Galaxy M32 Layak Dibeli? Cek Terlebih Dahulu Spesifikasinya!


Tunggu OM masih loading
DOWNLOAD
Apakah Samsung Galaxy M32 Layak Dibeli? Cek Terlebih Dahulu Spesifikasinya!

Untuk yang sedang mencari smartphone kelas menengah dengan spek yang cukup lengkap, maka cobalah cek Samsung Galaxy M32. Ini merupakan ponsel keluaran Samsung yang masuk dalam kategori value for money, karena harga beli ponsel serta spek yang didapatkan sepadan.

Sekilas ponsel ini memang mirip dengan Samsung Galaxy M31 yang sudah diluncurkan sebelumnya pada tahun 2020. Secara desain kedua ponsel memang tampak sama. Namun penerus titah dari Galaxy M31 ini tentunya dibuat dengan spek dan kinerja yang lebih baik dari sebelumnya. Untuk lebih detailnya, berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari spek Samsung Galaxy M32:

1. Desain yang Menarik & Modern

Meskipun ponsel ini tergolong sebagai ponsel menengah, namun desain dari Galaxy M32 tidak tampak murahan sama sekali. Bahkan desain dari Galaxy M32 ini tampak seperti Galaxy M62. Salah satu hal yang membuat desain ponsel ini tampak modern adalah bagian belakang ponsel yang tertutup dengan desain garis-garis serta warna yang glossy. Warna yang tersedia pun light blue & hitam, membuatnya terlihat semakin elegan.

Untuk bahannya sendiri, ponsel ini terbuat dari material plastik. Meskipun terasa agak ringkih, namun material ini tidak membuatnya tampak murahan seperti ponsel yang lainnya. Material plastik ini justru membuat ponsel keluaran Samsung ini terasa ringan. Sebagai informasi tambahan, ponsel ini berukuran 159,3 x 74 x 9,3mm dengan berat hanya 196-gram saja.

2. Layar Super AMOLED

Layar dari Galaxy M32 tidak terlalu istimewa karena hanya menggunakan layar Super AMOLED. Namun bagi pecinta film atau main game, jenis layar ini sebenarnya sudah cukup untuk memberikan tampilan layar yang jernih dan bersih. Kualitas gambarnya pun tidak berkurang meskipun dilihat dari sudut yang berbeda.

Meskipun Galaxy M32 hanya menggunakan super AMOLED untuk layarnya, namun layar HP ini memilikki tingkat kecerahan yang cukup tinggi. Jika versi sebelumnya hanya mampu mencapai 400 nit saja, maka M32 mampu meraih level kecerahan hingga 800 nit. Hal ini akan membuat layar yang tampak terang meskipun pengguna menggunakannya dibawah matahari sekalipun!

3. Teknologi Eye Comfort Shield

Salah satu keunggulan dari layar M32 yang tidak dimiliki versi sebelumnya adalah teknologi eye comfort shield. Teknologi ini mampu menyesuaikan temperatur warna layar sesuai dengan kondisi terkini. Dengan begitu, mata pengguna bisa lebih aman dari radiasi biru yang dipancarkan dari ponsel serta mengurangi kelelahan mata.

4. Menggunakan Chipset Helio G80

Samsung Galaxy M32 merupakan HP yang sangat cocok bagi para pecinta game! Dengan dukungan chipset Helio G80, ponsel ini mampu memberikan kinerja yang cepat dan responsive, bahkan untuk bermain game sekalipun. Hal ini dikarenakan Halio G80 didukung dengan GP yang cukup mumpuni yaitu Mali G52 MC2 yang memiliki kecepatan hingga 950 MHz. Selain itu, GPU ini didukung oleh delapan CPU inti yang mampu memberikan performa yang cukup memuaskan.

Sebelumnya, ponsel ini telah diuji oleh beberapa gamer online seperti Deepak Raja dan Aditya Shenoy. Pada saat digunakan bermain game online, seluruh game dapat dimainkan dengan lancar pada HP ini. Namun, jika game yang dimainkan memiliki detail gambar dengan spek yang tinggi, maka ada baiknya mengatur setelan grafik menjadi menengah atau rendah. Hal ini untuk memastikan agar permainan tetap lancar tidak tersendat.

Ini memang bukan chipset terbaik untuk sebuah ponsel. Namun dengan harga ponsel yang cukup murah, performa dari chipset ini cukup memenuhi kebutuhan para konsumen.

5. Kamera 64 MP

Jika melihat bagian belakang ponsel, konsumen dapat melihat bahwa ponsel ini memiliki 4 lensa dengan 1 lampu flash. Sedangkan pada bagian depan ponsel, terdapat 1 kamera depan. Lensa utama dari ponsel ini memiliki resolusi 64 MP f1/8. Dengan lensa ini, pengguna bisa mendapatkan foto yang lumayan bagus, namun dengan kondisi yang cukup pada siang hari. Sayangnya hasilnya tidak sebagus jika memotret pada malam hari.

Selanjutnya ada juga lensa ultra-wide yang memiliki resolusi 8MP. Sama halnya dengan lensa utama, hasil yang didapatkan dari kamera ini cukup bagus jika digunakan pada siang hari. Namun jika digunakan pada malam hari, para pengguna harus menggunakan cahaya tambahan agar gambarnya bisa terlihat secara jelas.

Terakhir, ada kamera bagian depan yang beresolusi 20 MP. Banyak orang yang mengaku kaget dengan hasilnya, karena tangkapan fotonya cukup bagus. Bahkan jika digunakan pada malam hari pun hasilnya masih cukup terang dan jelas.

Meskipun kamera dari ponsel ini tidak istimewa, untungnya AI dari ponsel ini cukup bagus dan cepat. Jika mengaktifkan fitur ini, kamera bisa langsung mendeteksi setelan apa yang cocok untuk objek bidikan yang ada. Namun, bagi yang suka cara manual juga bisa mematikan fitur ini pada bagian pengaturan kamera.

6. Kapasitas Baterai 5000 mAh

Sama halnya dengan Galaxy M yang lainnya, kapasitas baterai ini cukup besar yaitu 5000 mAh. Dengan kapasitas sebesar, baterai dapat bertahan hingga 1 hari lebih jika digunakan secara intens dan pekerjaan yang berat. Sedangkan jika hanya untuk pekerjaan yang ringan dan jarang digunakan, baterai dapat bertahan hingga hampir 2 hari!

Untuk melihat daya tahan ponsel, seorang YouTuber bernama Hendrik Gunawan melakukan pengujian terhadap baterai Samsung Galaxy M32. Ia menggunakan aplikasi Zoom dengan ponselnya selama kurang lebih 1 jam. Setelah digunakan, baterai ponselnya hanya berkurang 10% saja. Sedangkan ketika digunakan untuk bermain game PES 2021 selama setengah jam, baterainya hanya menyusut 11% saja.

Sayangnya kapasitas baterai yang besar tidak didukung dengan pengisian yang cepat juga. Samsung hanya memberikan charger dengan daya 25 W yang membuat waktu charging lebih lama. Bahkan untuk mengisi baterai dari kosong menjadi penuh membutuhkan waktu 2 jam 20 menit. Hal ini tentu tergolong lama, terutama untuk smartphone sekelas Samsung.

7. Tidak ada NFC

Kekurangan dari Samsung Galaxy M32 yang cukup mengecewakan adalah tidak adanya fitur NFC di dalam sistem ponsel. Padahal fitur yang satu ini sangat penting dan banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk melakukan transaksi E-Money.

8. Belum Mendukung Jaringan 5G

Bagi yang ingin merasakan jaringan 5G di Indonesia, maka ponsel ini bukanlah pilihan yang tepat. Hal ini dikarenakan Samsung Galaxy M32 belum mendukung fitur koneksi 5G yang saat ini sedang menjadi tren dan akan berkembang di Indonesia. Salah satu alasan mengapa Samsung tidak memasukkan fitur ini dalam ponsel M32 adalah untuk menjaga harganya agar tetap murah dan bersaing.

Setelah mengetahui spesifikasi dari ponsel, apakah Samsung Galaxy M32 ini masih layak dibeli? Jawabannya adalah masih sangat layak. Meskipun memiliki beberapa kekurangan seperti daya fast charging yang kecil serta chipset yang kurang tangguh, namun performa dari ponsel ini cukup tangguh.

Konsumen juga bisa menggunakan ponsel ini untuk berbagai aktivitas tanpa perlu takut baterainya cepat habis. Selain itu, harga dari ponsel ini cukup murah, yaitu Rp 3.500.000.000. Jadi bagi yang mencari ponsel kelas menengah dengan performa yang cukup, maka cobalah membeli Samsung Galaxy M32.