Intip Kelebihan Beserta Kekurangan Samsung Galaxy M22


Tunggu OM masih loading
DOWNLOAD
Intip Kelebihan Beserta Kekurangan Samsung Galaxy M22

Smartphone memang banyak dibutuhkan untuk meringankan aktivitas harian, mulai dari berkomunikasi, bekerja, belajar, hingga kebutuhan hiburan. Hadirnya Samsung Galaxy M22 di Indonesia membawa pilihan baru untuk HP 3 jutaan dengan kriteria yang baik. Agar dapat memperoleh gambaran, berikut pembahasan mulai dari desain, kelebihan, hingga kekurangan smartphone tersebut sebagai tambahan referensi:

Rancangan Bodi Smartphone

Ponsel kelas menengah ini hadir di Indonesia tepatnya pada bulan September 2021 dengan sejumlah keunggulan. Namun, sebelum membahas spesifikasinya lebih detail pembaca bisa mengamati desain dari Galaxy M series ini. Sebab, visualisasi dari ponsel menjadi sasaran pertama yang akan diamati ketika hendak membeli smartphone baru.

Material bodi dari Samsung Galaxy M22 dibuat dari bahan plastik polikarbonat, sehingga membuatnya anti licin. Tema solid matte menjadi ciri khas dari seri ini, yang mana tidak mudah meninggalkan bekas jari ketika digenggam. Pada bagian belakang, susunan kamera dibuat dengan penataan kotak yang simpel dengan lampu flash terpisah.

Smartphone ini juga dilengkapi sensor sidik jari yang mudah saat digunakan untuk mengaktifkan ponsel. Letaknya berada di bagian ruas kanan ponsel berdampingan dengan tombol volume. Untuk desain layarnya sendiri berupa infinity-U. Pada bagian tengah terpasang kamera selfie, sehingga sedikit mengambil bagian layar. Namun, tampilan smartphone tidak akan terganggu karenanya.

Kelebihan Samsung M22

Pilihan HP kelas menengah di pasaran kerap kali memunculkan keraguan ketika hendak memilih smartphone untuk dibeli. Tetapi, pembaca bisa meyakinkan diri dengan memahami beberapa fasilitas dan kelebihan yang dibawa oleh smartphone tersebut. Supaya bisa memutuskan pilihan yang tepat, berikut kelebihan Samsung Galaxy M22 yang bisa disimak oleh calon customer:

1. Konektivitas Lengkap

Meski banyak smartphone yang dibanderol dengan harga yang sama, tetapi terkadang konektivitasnya kurang lengkap. Sedangkan pada Samsung M series ini, pengguna akan mendapat fitur yang lengkap. Adapun konektivitas yang terdapat pada smartphone meliputi radio, bluetooth, navigasi, WiFi, hotspot, dan sebagainya.

2. Penggunaan Chipset Untuk Gaming

Pengguna tidak perlu ragu dalam memainkan game-game dengan ukuran yang berat. Untuk sekelas HP entry level, Samsung M22 sudah dibekali dengan chipset Helio G80 yang mendukung untuk gaming. Sebagaimana yang sudah diketahui, Helio G80 mempunyai konfigurasi yang cukup baik dengan frekuensi 2 GHz.

Bila dibandingkan dengan Exynos 9611, chipset ini mempunyai kemajuan yang lebih baik untuk gaming. Meski Samsung seri ini memiliki harga kurang dari Rp3 juta, namun sudah mampu digunakan untuk mengoperasikan game yang berat. Misalnya seperti Genshin Impact, PUBG Mobile, dan Mobile Legends yang bisa dijalankan dengan stabil.

3. Fitur NFC

Di zaman dengan kemajuan teknologi seperti saat ini, sebagian besar orang mulai memanfaatkan pembayaran digital yang lebih praktis. Untuk menunjang aktivitas tersebut, Samsung membekali fitur NFC pada smartphone M series yang diluncurkannya. Fitur tersebut membantu pengguna dalam pemakaian e-money dalam melakukan transaksi.

4. Layar AMOLED 90 Hz

Kenyamanan dalam menonton video streaming atau menjelajah sosial media pada dasarnya sangat dipengaruhi oleh kualitas layar. Untungnya, Samsung Galaxy M22 memiliki layar AMOLED 90 Hz yang menghadirkan gambar lebih mulus. Selain itu, layar ponsel mempunyai tingkat kecerahan sampai 600 nit dan mampu menyala dengan baik meski di ruang terbuka.

5. Dukungan Konfigurasi Kamera

Untuk HP 3 jutaan, Samsung M series membawa dukungan kamera yang baik di kelasnya. Hal ini terlihat dari penempatan empat lensa kamera yang mempunyai fungsi masing-masing dalam fotografi. Kamera utamanya memiliki resolusi 48MP, dilengkapi dengan bukaan f/2.0 dan fitur PDAF untuk mengatur autofocus.

6. Baterai 5.000 mAh

Dari sekian banyak problema saat mempunyai smartphone, kehabisan daya baterai merupakan salah satu yang paling menjengkelkan. Terutama saat berada di luar rumah dan tidak memungkinkan untuk melakukan pengisian daya. Bila terjadi demikian, sudah waktunya pembaca beralih ke smartphone dengan baterai besar seperti pada Samsung M series.

Pada seri ini, baterai dilengkapi dengan kapasitas 5.000 mAh dan sangat awet untuk pemakaian sehari-hari. Karena layar ponselnya sudah AMOLED membuat pengeluaran daya baterai lebih sedikit. Dengan demikian, pengguna tidak perlu risau akan kehabisan baterai di tengah beraktivitas. Sebab, smartphone ini termasuk awet dari segi pemakaian.

7. Dukungan RAM Besar

Untuk kelas HP entry level, smartphone ini memiliki RAM 4 GB yang termasuk besar. Hal tersebut juga didukung oleh internal berkapasitas 128 GB yang mendukung multitasking. Pengguna tidak perlu khawatir lagi soal penyimpanan bila hendak menginstal aplikasi baru. Smartphone ini juga memiliki slot untuk memori eksternal yang bisa dioptimalkan.

Kelemahan Smartphone

Layaknya ponsel pada umumnya, meski mempunyai banyak keunggulan tentunya akan ada beberapa kelemahan. Namun, kekurangan pada smartphone tersebut tidak akan begitu berarti apabila penggunaannya tepat sesuai kebutuhan. Sebagai tambahan informasi, berikut beberapa kekurangan dari Samsung Galaxy M22 yang perlu dipikirkan ulang sebelum membeli:

1. Tanpa Gorilla Glass

Ketahanan sebuah smartphone merupakan salah satu kriteria penting yang perlu diteliti. ebab, adanya kejadian tidak terduga seperti terjatuh berkemungkinan membuat layar smartphone jadi retak. Sehingga, banyak brand HP yang mulai menawarkan smartphone dengan peningkatan ketahanan layar. Salah satunya dengan membekali Gorilla Glass sebagai pelindung.

Akan tetapi, nampaknya Samsung tidak menerapkan strategi yang sama seperti HP lain. Sebab, untuk smartphone seri ini belum dilengkapi dengan pelindung Gorilla Glass. Namun, pengguna bisa menyikapinya dengan menambahkan tempered glass pada bagian atas layar dengan membelinya secara terpisah. Sehingga, pengguna tidak perlu khawatir saat smartphone terjatuh.

2. Resolusi Layar Masih HD+

Soal kecerahan, Samsung Galaxy M22 memang tidak kalah dibandingkan smartphone lain pada kelasnya. Hal ini berkat adanya layar AMOLED yang lebih cerah dan mulus saat dinyalakan. Namun, smartphone ini mempunyai kekurangan dari segi ketajaman. Hal tersebut dikarenakan Samsung pada seri ini masih menggunakan resolusi HD+ 720P yang tidak sebaik Full HD+.

3. Fast Charging Hanya 15W

Sebetulnya Samsung M series ini mendukung fast charging hingga 25W. Smartphone ini juga dibekali dengan USB Type-C yang memungkinkan transfer data lebih cepat. Akan tetapi, saat konsumen membelinya pada situs resmi maupun melalui counter HP maka akan mendapat casan hanya dengan daya 15W. Sehingga, pengguna perlu membeli casan 25W terpisah.

Harga Samsung Galaxy M22

Bila untuk pemakaian sehari-hari seperti belajar, gaming, dan streaming, maka smartphone ini sangatlah cocok. Mengingat spesifikasinya cukup mumpuni dan mampu mendukung berbagai aktivitas. Melalui situs resmi Samsung, costumer bisa memiliki Samsung Galaxy M22 hanya dengan kisaran harga Rp2,8 juta. Sedangkan untuk harga di pasaran bisa saja lebih tinggi.

Demikian pembahasan tentang Samsung Galaxy M22 meliputi kelebihan serta kekurangan yang bisa menjadi pertimbangan. Secara keseluruhan, smartphone ini sangat direkomendasikan untuk memberikan kemudahan dalam meringankan aktivitas sehari-hari. Terlepas dari kelemahan yang sudah disebutkan di atas, seri ini mampu bersaing dengan smartphone lain pada kelasnya.