Review Samsung Galaxy A12 Lengkap


Tunggu OM masih loading
DOWNLOAD
Review Samsung Galaxy A12 Lengkap

Memiliki budget terbatas bukanlah hambatan untuk mempunyai HP kekinian dengan kinerja yang baik. Sebab dengan dana sekitar Rp2 jutaan, pembaca sudah bisa memiliki Samsung Galaxy A12 yang dibekali sejumlah keunggulan. Meski tergolong murah, smartphone ini mempunyai berbagai fitur yang menjadi sorotan. Berikut review yang bisa disimak untuk pembaca:

Desain Smartphone

Samsung seri ini diluncurkan di Indonesia pada bulan Desember 2020 dan menjadi jajaran smartphone murah yang sangat direkomendasikan. Smartphone dibekali dengan layar PLS TFT dan desainnya yang terkesan unik dibandingkan tipe lainnya. Untuk menunjang pengoperasian smartphone, Samsung Galaxy A12 membawa sejumlah fitur menarik yang bisa dipahami pembaca.

Samsung tidak banyak memberikan pilihan warna untuk seri ini, pengguna bisa memilih diantara warna yang tersedia yaitu biru, putih, dan hitam. Pada bagian belakang, pengguna akan menemukan dua corak dengan tekstur yang berbeda. Untuk permukaan HP tidak begitu glossy, sebab menggunakan bahan polycarbonat.

Adanya garis-garis halus membuat kesan trendy dan tidak licin saat digenggam. Smartphone ini memiliki layar selebar 6.5 inci dan nyaman untuk menonton film. Tatanan kameranya dibuat membentuk kotak dengan lampu flash terpisah. Pada sisi kanan terdapat fingerprint dan volume. Sedangkan untuk sisi kiri terdapat tempat untuk input SIM Card.

Kelebihan Samsung Galaxy A12

Brand Samsung memang sudah sangat dipercaya oleh customer, sebab setiap serinya mampu menyajikan smartphone dengan spesifikasi mumpuni. Hadirnya Samsung Galaxy 12 menjawab kebutuhan pengguna untuk belajar, bekerja, hingga aktivitas lain yang membutuhkan ponsel. Agar lebih memahaminya, berikut rincian kelebihan yang bisa menjadi bahan pertimbangan membeli ponsel pintar:

1. Kamera Utama 48 MP

Meski harganya hanya Rp2 jutaan, Samsung Galaxy A12 mampu menghasilkan foto jernih berkat kamera utama 48 MP. Nampaknya, Samsung menata susunan Quad Camera untuk membedakan dengan desain pada tipe lain. Dengan begitu, kapan pun pengguna bisa menghasilkan foto yang jernih dan tajam menggunakan main camera yang ada pada HP Samsung.

Tidak hanya memberikan kamera utama, ada pula lensa pendukung seperti ultrawide 5 MP, sensor kedalaman 2 MP, dan makro 2 MP. Dengan demikian, penggunaan kamera bisa disesuaikan dengan tipe lensa agar hasilnya bisa memuaskan. Kamera belakang dan depan masing-masing mampu memberikan resolusi hingga 1080p saat merekam video.

2. Ruang Internal dan RAM Besar

Samsung pada seri ini menawarkan 2 pilihan RAM yaitu kapasitas 4 GB dan 6 GB, masing-masing dengan harga kurang dari Rp3 juta. Sedangkan untuk ruang internalnya berkapasitas mencapai 128 GB. Agar pengguna bisa menyimpan data yang lebih besar lagi, Samsung telah menyediakan slot memory card yang bisa dioptimalkan sesuai kebutuhan.

3. Baterai 5.000 mAh

Kebutuhan akan baterai besar perlu menjadi pertimbangan ketika akan membeli smartphone. Baterai LiPo 5.000 mAh yang terdapat pada Samsung seri ini diklaim bisa bertahan untuk pemakaian hingga 19 jam. Itu artinya, pengguna tidak perlu bingung lagi atau takut akan kehabisan baterai saat mengoperasikan ponsel. Dengan demikian, aktivitas bisa berjalan tanpa hambatan.

4. Side Mounted Fingerprint

Untuk sekelas HP Rp2 jutaan memang sudah banyak yang membawa teknologi fingerprint sebagai bentuk keamanan ponsel. Akan tetapi, letaknya lebih sering berada di bagian belakang dari bodi smartphone. Sedangkan, untuk smartphone ini memiliki sensor sidik jari pada bagian samping yang sekaligus merupakan tombol power. Sehingga terkesan natural dan lebih nyaman.

5. Adanya Fitur Live Focus Saat Selfie

Kaum muda tentunya sangat memperhatikan kualitas fotografi yang dibawa oleh sejumlah ponsel. Termasuk kejernihan saat melakukan selfie. Bila melakukan swafoto dengan smartphone ini, pengguna akan mendapat foto yang jernih. Sedangkan, untuk Samsung tipe ini memiliki sensor sidik jari pada sisi samping yang sekaligus merupakan tombol power. Sehingga terkesan natural dan lebih nyaman.

6. Mendukung Keamanan Tingkat Tinggi

Keamanan berkas sangatlah penting dalam sebuah smartphone. Sebab, serangan malware bisa membuat pengguna kehilangan sebagian data penting. Untuk menghindari hal tersebut, Samsung seri ini mengimbanginya dengan keamanan Samsung Knox. Sedangkan, untuk pelindung tambahan lainnya yaitu SE for Android, TIMA, Container, dan sebagainya.

Kelemahan Samsung Galaxy A12

Sebagaimana smartphone tipe lain, meskipun mempunyai banyak keunggulan tetapi ada beberapa aspek yang menjadi sisi kelemahannya. Namun, hal ini tidak akan begitu berarti bila pemakaian ponsel disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Berikut beberapa aspek yang menjadi sisi kelemahan dari Samsung A12 yang bisa disimak untuk pembaca:

1. Charger 15 W

Aktivitas yang padat tentunya harus diimbangi dengan kemampuan smartphone untuk melakukan fast charging. Pada seri ini, pengguna akan mendapatkan charger dengan daya 15 W. Untuk proses charging selama 30 menit, baterai akan terisi sebanyak 20%. Sedangkan untuk pengisian penuh, diperlukan waktu setidaknya sekitar 3 jam. Padahal, banyak kompetitor yang menawarkan pengisian daya lebih cepat dibandingkan seri ini.

2. Ketajaman Layar Kurang Maksimal

Sebagaimana yang diketahui, sebagian besar ponsel kekinian menawarkan layar lebar dengan ukuran sekitar 6,5 inci. Demikian pula yang diterapkan pada Samsung Galaxy A12 sebagai daya tarik. Sayangnya, ponsel ini tidak diimbangi dengan ketajaman layar yang maksimal. Sebab, layar masih menggunakan resolusi HD Plus yang secara tampilan tidak sebaik full HD Plus.

3. Tanpa Fitur NFC

Meski dengan patokan harga yang murah, tetapi Samsung hadir dengan berbagai keunggulan. Misalnya penggunaan port USB Type-C hingga fasilitas Bluetooth 5.0 yang mempunyai kinerja baik. Bahkan di negara lain, smartphone ini memiliki fitur NFC yang dapat dioptimalkan dalam menunjang kemudahan pemakaian ponsel. Tetapi, untuk versi yang ada di Indonesia belum memuat fasilitas NFC tersebut.

4. Tidak Tersedia Foto Mode Malam

Hampir sebagian besar smartphone mempunyai fitur mode malam pada fotografi agar memudahkan pengambilan gambar di lokasi minim cahaya. Akan tetapi, fitur fotografi ini tidak ditemukan pada Samsung A12. Meskipun pada dasarnya smartphone Ini mampu memotret dengan baik pada saat malam hari, adanya fitur mode malam tentu sangat dibutuhkan bagi pengguna.

5. Tidak Mendukung Untuk Aplikasi Game Berat

Zaman sekarang, game-game seperti Genshin Impact dan PUBG Mobile sangatlah booming di kalangan anak muda. Agar dapat memainkannya dengan lancar tentunya diperlukan chipset yang memadai. Samsung seri ini pada dasarnya dibekali dengan chipset Helio P350, yang mana kurang begitu mendukung untuk permainan berat. Apabila menginginkan smartphone yang bisa untuk gaming, maka Samsung seri ini kurang direkomendasikan.

Harga Samsung Galaxy A12

Bukan hanya menawarkan fasilitas menarik, tetapi Samsung juga memberikan diskon yang memanjakan customer. Pada smartphone dengan RAM 4 GB, harga ponsel ini hanya sekitar Rp2,3 juta. Sedangkan untuk versi RAM 6 GB, costumer bisa menyiapkan dana sekitar Rp2,5 juta saja. Harga tersebut terbilang murah bila membandingkan dengan kelebihan yang terdapat pada ponsel.

Demikianlah penjelasan review tentang Samsung Galaxy A12 meliputi kelebihan hingga kelemahan yang bisa dijadikan bahan perbandingan. Pengguna bisa menyesuaikan dengan kebutuhan pemakaian smartphone, supaya lebih mudah dalam memilih tipe HP yang tepat. Secara keseluruhan, sebagai HP harga Rp2 jutaan Samsung telah memberikan banyak layanan yang lebih baik dari smartphone lain pada kelasnya.