Mengulik Kelebihan Samsung Galaxy A03s beserta Kekurangannya


Tunggu OM masih loading
DOWNLOAD
Mengulik Kelebihan Samsung Galaxy A03s beserta Kekurangannya

Nama Samsung memang sudah tak diragukan lagi di dunia gadget. Sudah ada banyak produk smartphone yang dikeluarkan oleh Samsung dan salah satunya adalah Samsung Galaxy A03s. Tipe ponsel ini masuk ke kategori terjangkau dan memang didesain dengan spesifikasi yang tidak terlalu tinggi. Kali ini akan dibahas apa saja kelebihan dan kelemahan dari tipe Galaxy A03s tersebut.

Kelebihan

Mari bahas dulu kelebihan perangkat smartphone ini satu per satu. Meskipun ponsel ini dibanderol dengan harga terjangkau namun Samsung tetap membekalinya dengan fitur yang tidak main-main. Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang terdapat pada perangkat smartphone Galaxy A03s:

1. Desain yang Simple tapi Stylish

Kelebihan pertama bisa langsung dilihat dari desainnya yang sangat simple namun stylish. Zaman sekarang ini desain smartphone memang tidak neko-neko namun tetap terlihat stylish dan modern. Hal ini juga ditampilkan lewat perangkat Galaxy A03s yang terlihat begitu sederhana namun sangat stylish.

Ponsel ini memiliki bodi belakang yang terbuat dari bahan dengan finishing matte. Pilihan warnanya juga sangat kalem dan menarik yakni biru, hitam, serta putih. Menariknya lagi, desain bodi belakang dari smartphone ini benar-benar dibuat polos. Perangkat ini memiliki dimensi 164,2 x 75,9 x 9,1 mm dan bobotnya 196 gram sehingga memang terlihat sedikit tebal tapi tetap compact.

2. Kualitas Layar yang Bagus

Samsung memang selalu menghadirkan perangkat smartphone dengan kualitas layar yang sangat bagus. Salah satu ciri khas Samsung adalah pemakaian panel AMOLED buatan sendiri. Namun, khusus untuk tipe smartphone dengan harga terjangkau Samsung menggunakan jenis panel lain yakni PLS TFT.

Lalu, apakah kualitas panel ini lebih buruk? Jawabannya adalah tidak. PLS TFT dari Samsung ini memiliki kualitas yang setara dengan layar IPS LCD. Warna dan viewing angle yang ada pada jenis panel ini sama bagusnya dengan panel IPS LCD sehingga pengguna dijamin tidak akan kecewa. Samsung Galaxy A03s juga punya ukuran layar yang cukup lebar yakni 6,5 inci dengan resolusi HD+ 720 x 1600 piksel.

3. Kapasitas Baterainya Besar

Kelebihan lain yang dibawa oleh ponsel ramah kantong ini adalah kapasitas baterainya yang besar. Zaman sekarang ini kapasitas baterai yang besar memang sangat dibutuhkan. Samsung membekali perangkat Galaxy A03s ini dengan baterai berkapasitas 5000 mAh. Didukung dengan resolusi layar yang digunakan, daya tahan baterai bisa jauh lebih panjang.

Selain kapasitas baterai yang besar, ponsel ini ternyata juga didukung dengan teknologi fast charging atau pengisian daya cepat 15 watt. Namun, pengisian daya yang cepat ini tidak bisa berjalan jika charger yang digunakan adalah charger bawaan. Pengguna disarankan membeli charger sendiri dengan output 15 watt sehingga pengisian daya bisa lebih cepat.

4. Kamera Bagus

Untuk kelas smartphone harga terjangkau, ponsel ini memiliki kualitas kamera yang lumayan bagus. Perangkat Galaxy A03S ini memiliki tiga kamera di bagian bodi belakang. Masing-masing kamera tersebut memiliki resolusi 13 MP, 2 MP, dan 2 MP. Kemudian ada satu flash yang melengkapi fungsi dari ketiga kamera belakang tersebut.

Di bagian layar depan ada satu kamera swafoto yang dibekali resolusi sebesar 5 MP. Resolusi ini cukup baik dan memuaskan serta hasil fotonya juga tidak begitu mengecewakan. Ketika digunakan untuk mengambil video, kamera depan maupun belakang smartphone ini bisa menghasilkan rekaman dengan resolusi full HD 1080p pada 30fps.

5. Sudah Didukung Port USB C

Meskipun Samsung Galaxy A03s ini menjadi ponsel kalangan terjangkau namun ponsel ini tetap didesain modern mengikuti perkembangan zaman. Smartphone ini telah dibekali dengan port USB C yang membuatnya lebih up to date. Jenis port USB ini akan mempermudah penggunanya karena bersifat reversible atau bisa dicolok bolak-balik.

Kemampuan reversible dari port USB C ini juga membuat daya pakainya lebih panjang. Disebutkan bahwa daya pakai port USB C bisa mencapai 10 ribu siklus cabut dan colok. Sementara itu untuk port microUSB yang jadul rata-rata hanya bisa bertahan sampai 1500 kali cabut dan colok. Port USB C yang ada di perangkat Galaxy A03s ini juga sudah mendukung USB OTG.

Kekurangan

Sebenarnya tak heran jika Samsung Galaxy A03s ini memiliki beberapa kekurangan. Dilihat dari harganya yang tidak begitu tinggi, perangkat ini memang tidak punya spesifikasi super. Jadi wajar saja jika ada kekurangan di beberapa aspek. Berikut adalah beberapa kekurangan dari ponsel Galaxy A03s:

1. Chipset Kurang Tangguh

Salah satu faktor penting yang akan berpengaruh pada performa sebuah smartphone adalah chipset yang digunakan. Sayangnya perangkat Galaxy A03s ini dibekali chipset yang kurang memuaskan. Chipset yang digunakan adalah SoC MediaTek Helio P35. Jenis chipset ini memiliki litografi 12 nm dan muncul pada tahun 2019 lalu sebagai chipset khusus untuk smartphone entry level.

Sebenarnya chipset ini masih mendukung penggunaan ponsel secara normal. Perangkat ponsel masih bisa digunakan untuk berbagai keperluan dasar mulai dari berkirim pesan, browsing, multimedia, dan berbagai tugas normal lainnya. Selain itu ponsel ini juga tetap efektif digunakan untuk memainkan game-game yang casual atau ringan. Sayangnya, ponsel ini tak bekerja baik untuk mengakses game-game berat.

2. Kamera Ultrawide Absen

Kekurangan lain dari perangkat Galaxy A03s ini adalah absennya kamera ultrawide. Sebenarnya bisa dimaklumi jika ponsel ini tidak menyertakan kamera ultra wide karena memang harganya tergolong murah. Namun, Samsung bisa menghilangkan kamera makro dan sensor kedalaman lalu menggantinya dengan kamera ultra wide saja yang lebih banyak dibutuhkan.

Mengapa kamera ultrawide ini menjadi masalah? Tipe kamera ini sebenarnya paling sering digunakan daripada tipe kamera lainnya. Pengguna kamera smartphone biasanya butuh kamera yang bisa digunakan untuk menangkap objek dengan jangkauan yang luas. Jadi cukup mengecewakan karena perangkat ini tidak dilengkapi dengan fitur kamera tersebut.

3. Tidak Ada Sensor Kompas

Ponsel ini memang hadir dengan beberapa jenis sensor yang mendukung kemudahan penggunanya. Tersedia sensor pemindai sidik jari, akselerometer, dan proksimitas. Namun sayang sekali tidak ada sensor magnetik atau kompas. Ketika tidak ada koneksi internet maka ponsel ini tidak akan bisa digunakan sebagai penunjuk arah.

4. Sensor Sidik Jari Kurang Responsif

Ponsel ini memiliki sensor sidik jari yang posisinya cukup unik yaitu di bagian samping bodi ponsel. Namun sayang sekali sensor sidik jari kapasitif ini tidak memiliki kualitas yang begitu bagus. Sensor ini tidak terlalu responsif sehingga ketika pengguna menempelkan jarinya ke sensor, perangkat tidak akan langsung terbuka. Dibutuhkan waktu beberapa detik sampai ponsel bisa terbuka.

Itulah tadi ragam kelebihan dan kelemahan perangkat ponsel Samsung Galaxy A03s. Smartphone ini menjadi salah satu pilihan tipe ponsel menarik yang harganya sangat bersahabat. Terlepas dari kekurangan yang dimiliki, ponsel ini punya fitur yang cukup lengkap dan sudah sangat memadai untuk memenuhi kebutuhan pemakaian sehari-hari.