Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alasan Kenapa iPhone Mati Total dan Tidak Bisa di Charge Beserta Cara Mengatasinya




Pengguna iPhone pasti akan sangat panik ketika tiba-tiba iPhone mati dan tidak bisa nyala lagi. Apalagi iPhone sudah dipasang kabel charger, namun iPhone tetap tidak kunjung menyala. Alasan kenapa iPhone mati total dan tidak bisa di charge sebenarnya sangat beragam. Tapi, masalah pada iPhone bukannya tidak bisa diatasi sama sekali.

Terdapat penyebab iPhone bisa mati dan alasan iPhone tidak menyala walaupun sudah di charge. Tidak hanya itu, akan diulas pula tentang cara mengatasi masalah ini agar iPhone memiliki kemungkinan untuk menyala kembali. Cara-cara ini bisa dicontoh oleh para pengguna iPhone. Adapun alasan dan cara mengatasi masalah ini sebagai berikut:

Alasan iPhone yang Tidak Menyala dan Tidak Bisa Isi Ulang Daya

Seperti yang dituliskan sebelumnya, ada banyak alasan iPhone mati total. Bahkan sampai tidak bisa di charge lagi. Masalah ini bisa disebabkan komponen-komponennya seperti baterai, layar, sampai sistem operasi yang mungkin saja tidak menyelesaikan sistem pembaharuannya. Berikut alasan iPhone bisa mati total dan tidak menyala walaupun sudah di charge, yaitu:

1. iPhone Tidak Sengaja Terkena Air

Walaupun beberapa seri iPhone terbaru sudah dilengkapi dengan resistensi percikan air. Namun bukan berarti iPhone adalah produk yang tahan air. Jika air masuk melalui plug charger, maupun lubang pada iPhone lainnya dan masuk mesin iPhone, maka merusak bagian dalam iPhone. Terutama jika yang terkena adalah komponen yang mengatur layar iPhone.

2. iPhone Habis Jatuh atau Terbanting

Jika iPhone pernah jatuh dan terbanting, bisa saja itu menjadi penyebab kenapa iPhone mati total dan tidak bisa di charge. Perangkat iPhone yang terbanting atau jatuh bisa menyebabkan komponen yang di dalam badan iPhone tergeser. Kemungkinan yang paling buruk ada komponen di dalamnya yang rusak atau retak karena terbanting.

Apalagi komponen charger atau pengisian baterai ada di bagian terluar iPhone, sehingga rentan sekali rusak. Terutama jika iPhone terbanting ke arah bawah atau pada bagian plug chargernya.

3. Proses Jailbreak yang Gagal

Banyak pengguna iPhone yang ingin memasang aplikasi yang tidak berasal dari App Store. Biasanya agar bisa meloloskan aplikasi semacam ini dari sistem pengaman iPhone. Para pengguna akan menggunakan set jailbreak pada iPhonenya. Namun proses jailbreak ini bisa berbalik merusak iPhone, apalagi jika tidak dilakukan dengan benar.

Bahkan jika jailbreak tidak diselesaikan secara penuh pada iPhone. Bisa mengakibatkan kegagalan sistem operasi di dalamnya. Hal ini tentu saja, akan menyebabkan iPhone mati, sekalipun iPhone sudah dipasang kabel charger.

4. Tidak Melakukan Upgrade iOS Secara Penuh

Selain proses jailbreak yang tidak selesai, proses upgrade iOS yang tidak selesai atau terputus menjadi alasan kenapa iPhone mati total dan tidak bisa di charge. Terputusnya proses upgrade iOS bisa karena baterai yang tiba-tiba drop di tengah proses, sehingga iPhone mati. Mungkin saja karena internet yang terputus, sehingga proses upgrade dihentikan.

5. Baterai iPhone yang Memang Sudah Rusak

Komponen baterai iPhone sebenarnya memiliki umur pakai yang cukup terbatas. Jika sudah digunakan dalam waktu yang lama, ada kalanya baterai iPhone memang harus diganti. Tandanya bila iPhone yang biasanya menyala dengan lancar, maka tiba-tiba sering mati

Kemudian tanda lainnya baterai tidak bisa bertambah kapasitasnya walaupun sudah di charge. Pengguna pun harus segera mengganti komponen baterai jika menemukan dua tanda itu. Karena jika dipertahankan bisa merusak komponen iPhone yang lain.

Cara Mengatasi iPhone Mati Total dan Tidak Bisa di Charger Lagi

Setelah mengetahui apa saja alasan yang bisa menyebabkan kenapa iPhone mati total dan tidak bisa di charge lagi. Berikut ini akan dibahas cara mengatasinya, walaupun iPhone yang mati total seringkali membuat panik penggunanya. Namun bukan berarti tidak ada cara untuk mengatasinya sama sekali.

Terdapat 4 cara di bawah ini yang  bisa dilakukan lebih dahulu oleh para pengguna sebelum memutuskan iPhone rusak. Jadi, tak perlu buru-buru membawanya ke tempat servis yang menelan banyak biaya. Mungkin saja iPhone bisa menyala kembali dengan cara berikut ini:

1. Isi Baterai iPhone 6 Jam Penuh Tanpa Putus

Jika iPhone tiba-tiba mati dan tidak menunjukan tanda menyala, walaupun kabel charger dipasang, bisa menggunakan cara ini. Caranya bisa menjadi pertolongan pertama untuk mengatasi permasalahan yang ada. Pengguna cukup memasang kabel charger dan membiarkannya mengisi ulang selama 6 jam penuh. Jangan melepas kabel iPhone di tengah proses ini.

Jangan juga mencoba untuk menyalakan iPhone atau menggunakan iPhone. Biarkan iPhone mengumpulkan dayanya untuk mengembalikan proses dan memulihkan mesinnya. Usahakan juga untuk menjaga suhu iPhone. Taruh di tempat yang dingin ketika mengisi ulang atau berilah alas yang bisa mentransfer panas.

2. Lakukan Force Restart

Cara mengatasi alasan kenapa iPhone mati total dan tidak bisa di charge selanjutnya adalah dengan melakukan force restart. Force restart pada iPhone biasanya bisa dilakukan dengan menekan tombol hold dan menu pada badan iPhone secara bersamaan. Tekan kedua tombol ini secara bersamaan selama beberapa detik.

Jika berhasil maka logo Apple akan muncul di layar kemudian iPhone akan memulai proses restart kembali. iPhone dipastikan akan bisa menyala kembali jika logo Apple ini berhasil muncul pada proses force restart.

3. Proses Restore Data Pada iPhone

Seperti namanya, proses ini akan mengembalikan kondisi iPhone pada situasi di mana iPhone terakhir kali di back up. Namun hati-hati jika para pengguna belum pernah melakukan back up sama sekali. Maka hasilnya iPhone akan kembali ke pengaturan semula atau pengaturan pabrik. Ada kemungkinan besar bagi para pengguna untuk kehilangan sebagian datanya.

Apalagi data baru yang notabenenya belum dideteksi oleh sistem back up yang diterapkan. Karena itu, sebelum melakukan proses ini pastikan semua data yang diperlukan sudah terbackup. Kegiatan ini untuk mengurangi resiko kehilangan data-data yang penting. Apalagi pemulihannya akan sangat sulit, jadi benar-benar harus teliti.

4. Hubungi Call Center Resmi Apple

Jika memang cara-cara di atas tidak berhasil untuk mengembalikan iPhone para pengguna dalam keadaan menyala. Maka tidak ada pilihan lain bagi para pengguna selain untuk melaporkan kondisi ini pada Call Center resmi dari Apple. Sangat disarankan untuk menghubungi Call Center yang resmi dari Apple daripada tempat servis luar.

Itulah alasan kenapa iPhone mati total dan tidak bisa di charge lagi dan dilengkapi juga cara mengatasinya. Jika para pengguna menghadapi masalah tersebut. Cara di atas bisa dicoba terlebih dahulu untuk mencoba mengembalikan kondisi iPhone, sebelum menyatakannya perangkat iPhone sudah rusak. Situasi iPhone mati membuat pengguna kehilangan banyak data penting.

Bisa saja sebagian data terutama yang belum di back up akan hilang karena proses restart pada mesin iPhone ketika sedang melakukan pemulihan. Maka ada baiknya para pengguna iPhone memanfaatkan sistem cloud dalam iPhone. Sistem cloud ini bisa secara otomatis membuat data back up secara rutin menurut perubahan terbaru penyimpanan iPhone. 


Posting Komentar untuk "Alasan Kenapa iPhone Mati Total dan Tidak Bisa di Charge Beserta Cara Mengatasinya"